Jumat, 05 Mei 2017

Manfaat air wudhu

Manfaat Air Wudhu dan Bagian-Bagianya :
Hasil gambar untuk gambar orang berwudhu


Tangan 

Banyak yang bisa dilakukan oleh tangan, apa yang pernah disentuh, diraba, atau dilakukan oleh tangan. Dengan mencuci tangan bisa membersihkan kotoran dari debu-debu atupun partikel lain yang menempel di tangan. Mungkin juga tangan sengaja atau tidak sengaja melakukan dosa, oleh sebab itu berwudhu merupakan metode menyucikan kembali tangan yang sudah ‘kotor’.

Kumur-kumur

Dalam wudhu kumur-kumur bisa berarti membersihkan rongga mulut, membersihkan dari sisa-sisa makanan yang menempel di mulut. Namun, kumur-kumur bisa juga sebagai pembersihan mulut dari kata-kata yang kita ucapkan, entah kata-kata yang kasar, bergunjing, berbohong, ataupun ucapan yang menyinggung perasaan orang lain.

Hidung

Membersihkan hidung, tujuannya untuk membersihkan lubang hidung dari kotoran yang menempel saat kita menghirup udara. Ini juga bisa diartikan sebagai perenungan, betapa sesungguhnya Allah telah memberikan nafas kehidupan bagi kita agar selalu bersyukur dengan nikmat sehat dalam tiap hembusan nafas yang telah diberi-Nya.

Muka

Membasuh muka, tujuannya sama saja yaitu untuk membersihkan wajah dari kotoran yang menempel, sekaligus membersihkan wajah, terutama membersihkan mata dari dosa, dari segala yang telah dilihat.

Tangan sampai Sikut

Selanjutnya membasuh tangan sampai siku, dimaksudkan agar semua anggota tangan sampai siku dapat terkena gemercik air wudhu untuk membersihkan kotoran yang melekat di kulit.

Kepala Rambut Bagian Depan

Membasuh kepala dengan air wudhu bisa menenangkan dan menyegarkan fikiran dari aktivitas yang dilakukan.

Telinga

Membersihkan telinga dari air wudhu juga dimaksudkan untuk membersihkan diri dari kotoran yang ada, dan dari pendengaran yang tidak seharusnya.

Kaki

Mencuci Kaki, dimaksudkan untuk membersihkan kaki dari kotoran juga untuk mensucikan kaki dari dosa. Mungkin dalam melakukan langkah atau bepergian.

Bersuci Lahir dan Batin:

Allah menyuruh manusia untuk bersuci, tujuannya adalah supaya manusia jangan membersihkan lahirnya saja, sementara batinnya masih tetap kotor. Melakukan wudhu sehari lima kali sama saja dengan membersihkan tindakan serta sifat yang menimbulkan dosa. Dan Allah menyuruh umat muslim untuk berwudhu sebagai media pembersihan jiwa serta pikiran. Subhanallah, di balik setetes air wudhu ternyata menyimpan banyak manfaat untuk semua umat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pengertian puasa sunnah,macam dan ketentuannya

Pengertian Puasa Sunnah, Macam dan Ketentuannya بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم 1. Pengertian Puasa Sunnah Puasa sunnah ada...